Week Ahead: Saham, Minyak Goyah Saat Duka akibat Lockdown Vs. Optimisme Vaksin

Meskipun berstatus sebagai haven dan dolar melemah, penurunan emas terus berlanjut

Pada hari Jumat, harga minyak naik karena kemajuan vaksin bahkan saat saham turun karena penderitaan lockdown

COVID-19 kemungkinan akan tetap menjadi tema pasar yang dominan di minggu mendatang yang dipersingkat liburan. Lintasan yang meningkat dari pandemi versus kemajuan berkelanjutan menuju vaksin akan menyebabkan investor mengibas liar antara pesimisme dan optimisme, mendorong pasar lebih rendah atau lebih tinggi tergantung pada sentimen yang berlaku.

Minggu lalu berjalan seperti yang kami prediksi, ketika berita vaksin positif mendominasi berita utama, saham menguat. Tetapi saat fokus bergeser ke tingkat penularan global dan domestik yang tidak terkendali dan lockdown yang lebih ketat, saham sold off. Membuktikan poinnya lagi pada hari Jumat, infeksi COVID-19 di AS menuju ke angka 12 juta, dengan hampir 200.000 kasus baru dilaporkan pada hari Jumat, dan sebagian besar saham sold-off untuk menyelesaikan minggu perdagangan.

Rotasi Sektor Berfluktuasi tetapi Bioteknologi Meningkat

Kerugian untuk beberapa indeks AS semakin dalam pada hari Jumat. S&P 500 danDow Jones Industrial Average keduanya mengakhiri pekan lebih rendah;NASDAQ merosot pada hari Jumat tetapi masih naik 0,2% untuk minggu ini. Kapitalisasi kecil Russell 2000, bagaimanapun, tetap berada di wilayah positif sepanjang minggu.

Menambah tekanan yang sudah signifikan pada saham, konflik atas penggunaan dana Federal Reserve membayangi setiap berita positif dari sektor farmasi. Kamis, MenteriKeuangan Steven Mnuchin meminta dana pengembalian Fed yang disisihkan untuk pinjaman darurat, menyiapkan berakhirnya beberapa program bantuan pada 31 Desember.

Fed berargumen untuk memperpanjang "rangkaian lengkap fasilitas darurat," dan tidak memiliki kewajiban hukum untuk mengembalikan investasi Kementerian Keuangan. Namun, dalam sebuah surat pada hari Jumat Kepada Mnuchin, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bank sentral akan "mengatur pengaturan dengan Anda untuk mengembalikan bagian dana yang tidak terpakai."

Rotasi keluar dari saham teknologi besar, ke sektor-sektor yang sensitif terhadap siklus ekonomi yang berkembang berfluktuasi sepanjang minggu. Pergeseran ini — antara saham pertumbuhan dan nilai seperti yang ada di sektor energi dan keuangan — akan terus berlanjut. Jenis rotasi lain juga telah terjadi, perpindahan ke saham kapitalisasi kecil dan saham internasional dan menjauh dari saham kapitalisasi besar dan mega AS. Terakhir, ada rotasi ketiga yang kurang terlihat juga terjadi, antara gaya investasi yang berbeda: perpindahan ke saham pendapatan dividen dan menjauh dari saham apresiasi modal.

Selain itu, saham biotek tetap sensitif terhadap berita utama.

Pfizer (NYSE:PFE) dan mitra pengembangan vaksinJerman BioNTech (NASDAQ:BNTX) keduanya memperoleh keuntungan setelah mereka mengajukan permintaan otorisasi darurat pada hari Jumat dengan Food and Drug Administration (FDA) AS untuk persetujuan cepat untuk inokulasi COVID-19 mereka. BNTX DailyBNTX Daily

Secara teknis, BioNtech melonjak +9,5%, menyelesaikan Pembalikan Pulau bullish. Namun, Pfizer hanya menambahkan 1,4%, setelah menyerahkan uang muka 3,1%.

Saham Gilead Sciences (NASDAQ:GILD) turun setelah World Health Organization (WHO) menyarankan para dokter untuk tidak memberikan remdesivir dari perusahaan biofarmasi yang berbasis di Foster City, California itu, bahkan setelah FDA AS menyetujuinya untuk pasien yang dirawat di rumah sakit. WHO mengatakan tidak ada bukti untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien. GILD DailyGILD Daily

Harga GILD menekan bagian bawah bearish flag, mengkonfirmasi penembusan support sebelumnya, yang berlaku sejak 20 Desember 2018.

Tentu saja, kami telah memperingatkan selama beberapa waktu sekarang bahwa apa pun kemajuan nyata yang dicapai perusahaan farmasi dalam memerangi COVID-19, itu tidak berarti pandemi terburuk dalam satu abad tersebut akan hilang secara ajaib. Para ahli memperkirakan akan memakan waktu paling tidak empat hingga enam bulan bagi kehidupan untuk kembali ke kondisi normal sebelum pandemi.

Data klaim pengangguran awal minggu lalu lebih buruk dari yang diantisipasi, menunjukkan pemulihan yang lebih cepat dari yang diharapkan.

Untuk semua volatilitas minggu lalu,VIX berakhir turun untuk minggu kedua.

Yield, termasuk untuk surat utang acuan Obligasi 10-tahun, menghapus kerugian mingguan. UST  10Y DailyUST 10Y Daily

Pada hari Jumat, harga membentuk inverted hammer setelah kembali ke dasar rising channel, menunjukkan kenaikan yang berkelanjutan.

Dolar jatuh sepanjang minggu.

Dollar DailyDollar Daily

Ini memperkuat resistance dari neckline H&S tetapi memperkuat support pada penetrasi awal yang rendah, yang bertepatan dengan posisi terendah sebelum membentuk neckline.

Emas naik pada hari Jumat tetapi turun untuk minggu ini, meskipun dolar dan saham juga lebih rendah.

Gold DailyGold Daily

Ini adalah kedua kalinya kami melihat emas sold off padahal seharusnya naik baik pada status safe havennya, saat saham turun, atau saat dolar jatuh.

Juga, secara teknis, logam mulia terus menghindari seruan kami; setelah beralih di antara pola yang berbeda, kita tetap mengharapkan upside breakout dari falling wedge.

Bitcoin memperpanjang kenaikan selama tujuh minggu berturut-turut, kenaikan terpanjang sejak Mei. Minggu lalu, mata uang digital tersebut naik 16,2%, minggu terbaiknya sejak Juni 2019. Cryptocurrency tersebut mencapai level tertinggi tiga tahun, mendekati rekor sepanjang masa mendekati $20.000, yang dicapai selama Desember 2017. Meskipun ada pergerakan naik, kami menganggap Bitcoin overbought.

Energy Information Administration melaporkan bahwa persediaan minyak mentah komersial naik 4,3 juta barel menjadi 4,887 barel, sementara para analis telah mengantisipasi penurunan 913.000 barel.

Persediaan minyak Cushing melonjak 61,6 juta barel, membawa stok minyak mentah ke kapasitas 81%, atau 76 juta barel. Ini mendekati level tertinggi sejak April ketika kurangnya ruang penyimpanan di tengah menguapnya permintaan membuat harga minyak ke wilayah di bawah nol.

Namun demikian, harga minyak melonjak pada hari Jumat, mengunci kenaikan mingguan ketiga di tengah harapan bahwa dua perkembangan vaksin baru-baru ini pada akhirnya akan membantu memacu ekonomi dan permintaan global.

Oil DailyOil Daily

Secara teknis, harga memaksa ke atas kisaran sejak 18 September. Harga perlu naik di atas shooting star 11 November dan di atas rising wedge untuk membersihkan pasokan yang tertinggal. Jika tidak, kami memperkirakan harga akan kembali ke kisaran, dengan momentum berpotensi mendorong harga minyak kembali ke $36.

Minggu Depan

Semua waktu yang tercantum adalah dalam EST

Senin

PasarJepang tutup untuk liburan Hari Pekerja

3:30: Jerman - PMIManufaktur : terlihat turun menjadi 56,5 dari 58,2.

4:30:Inggris - PMI Manufaktur: diantisipasi untuk tetap datar di 53,3.

4:30: Inggris - PMILayanan : diperkirakan tetap pada 52,3.

9:45: AS - PMI Manufaktur: kemungkinan turun ke 53,0 dari 53,4.

Selasa

2:00: Jerman - PDB: diperkirakan akan tetap stabil di 8,2% di Q3.

4:00: Jerman - Ifo Business Climate Index: mungkin merosot ke 90,7 dari 92,7

9:00: Eurozone - Pidato Presiden ECB Lagarde

10:00: KepercayaanKonsumen AS - CB: terlihat turun ke 98,0 dari 100,9.

Rabu

8:30: AS - Pesanan Barang Tahan Lama Inti: diantisipasi turun menjadi 0,4% dari 0,8%.

8:30: AS - PDB: kemungkinan besar akan tetap datar di 33,1% di Q3.

8:30: AS - Klaim Pengangguran Awal: diperkirakan akan mengendur menjadi 725K dari 742K.

10:00: AS - PenjualanRumah Baru: diperkirakan akan meningkat menjadi 975 ribu dari 959 ribu.

14:00: Risalah Rapat AS – FOMC

Kamis

Pasar AS tutup untuk liburan Hari Thanksgiving

6:30: Eurozone - ECB Mempublikasikan Akun Rapat Kebijakan Moneter

7:30: Eurozone - Pernyataan Kebijakan Moneter ECB

20:00: Jepang - Tokyo Core CPI: terlihat turun menjadi -0,7% dari -0,5%.

Jumat

2:00: Inggris - HPI Nasional: diperkirakan turun menjadi 0,2% dari 0,8%.